Laman

Senin, 05 Juni 2017

05 Juni - KIS 02

Kis 2

Kisah Para Rasul 2:7 (TB)  Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?

1) Orang Galilea = orang kampung, orang yang biasa saja. Sebut saja Petrus seorang nelayan.  Dan ketika orang2 Galilea ini berkata Kata dalam bahasa yang lain bahsa bagsa asing, orang2 yahudi dan bangsa asing yg berada disana mereka terkejud. Bgm bisa orang tidak terpelajar dari sebuah kampung Galilea bisa menguasai bahsa asing. Ini mengajarkan bahwa Tuhan ga pernah lihat status pendidikan kita, status sosial kita, untuk dipakaiNya melayani.  Waluapun kita orang biasa, Tuhan tetap pilih kita untuk melayani Nya.  Yang dilihat Tuhan adalah hati yang mau taat dan percaya akan perkataan Tuhan. 

Roh Kudus mengurapi orang2 percaya yang setia menantikan Roh Kudus  seperti yang dipesankan Yesus kepada mereka untuk tinggal di Yerusalem menantikan RK. Dan salah satu Rasul yaitu Petrus penuh kuasa dan keberanian memberitakan kabar ttg Yesus. Jika kita ingat bacaan kita sebelumnya petrus menyangkali Yesus, Petrus kembali kpd pekerjaan lamanya, Petrus dan murid2 lain ketakutan kpd org Yahudi saat Yesus bangkit. Tetapi setelah Roh Kudus dicurahkan, segala ketakutan dihalaukan.  Petrus sungguh berani berdiri menyatakan Firman Tuhan.  Roh kudus memampukan Petrus berkata Kata ttg kebenaran dlm Yesus. Hasil dari pengajaran Petrus banyak jiwa memberi diri merka dibabtis.  Dari yang 120 orang percaya mjd 3.000 orang.  Semua karena pekerjaan Roh Kudus.

2) Kisah Para Rasul 2:39 (TB)  Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."

Bagi kamu dan bagi orang yang masih jauh. Ini mengajarkan bahwa janji Roh Kudus bukan hanya Berlaku untuk orang Yahudi saja, tetapi Buat semua suku bangsa. Buat yang  masih jauh yaitu buat mereka yang belum bertobat/Buat org berdosa. Janji Roh Kudus juga dijanjikan jika mereka mau memberikan diri dibabtis dlm nama Yesus, merka akan menerima Roh kudus . 
 
3) Kisah Para Rasul 2:42 (TB)  Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Orang2 yang telah bertobat dan memberi diri dibabtis, mereka bertekun dlm pengajaran Rasul, dlm persekutuan, berdoa.  Mengajarkan aku bahwa setiap orang percaya perlunya bertumbuh dlm pengajaran ttg Firman Tuhan, perlunya berdoa, perlunya bersekutu dgn orang percaya . Supaya mjd orang percaya yang Dewasa. Yang tangguh secara rohani, kuat imannya, Tidak spt bayi rohani yang taunya menangis saja. 

Respon : Roh kudus penuhilah hatiku dengan urapan Roh kudus. Roh kudus yang Tuhan janjikan  memberi aku kuasa untuk bisa Bersaksi ttg Kristus kpd orang lain. Aku mau bertumbuh terus dlm pengenalam akan Tuhan lewat membaca Alkitab setiap hari, berdoa dan rajin bersekutu. Jika Tuhan memakai Petrus seorang yang dulunya adalah nelayan mjd Rasul yang penuh kuasa dan mujizat dari pada Tuhan  Aku percaya bahwa aku yang dulunya lemah  juga Tuhan  Lengkapi dgn kuasa dari Roh Kudus untuk melakukan pekerjaan2 besar di lingkunganku. Amin Terpujilah Tuhan Yesus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar