Laman

Senin, 12 Juni 2017

12 Juni - KIS 09

Saulus/Paulus adl seorang Yahudi dari Tarsus (Kis 21:39) ,ia seorang ibrani tulen. Ia penduduk kota Tarsus di provinsi Kilikia kawasan Romawi, ia seorang warganegara Rum .  Kota Tarsus adl kota yang paling hebat, paling Baik. Paulus memiliki pendidikan yang tinggi. Ia seorang sarjana yang paling pandai di jamannya. Ia anak didik Gamaliel (Kis 22:3) Gamaliel pernah kita baca Di kisah 5 :34-40, Gamaliel seorang ahli taurat yang sangat dihormati. Paulus juga adalah seorang Farisi. 
Kata Farisi adalah orang yang dipisahkan.  Dan orang2 farisi adalah mereka yang memisahkan diri dari rakyat biasa dan kehidupan biasa supaya dapat mematuhi setiap bagian dari hukum taurat.  Para ahli taurat adalah ahli mengenai tuntutan2 hukum taurat tetapi tidak mentaatinya dgn ketat.  Orang Farisi tidak mau bergaul dgn orang yang tidak seketat Merka dlm mentati hukum taurat.

Mengapa Paulus benci kepada Yesus dan pengikut Yesus :
1. Karena Yesus menyatakan diriNya adalah Mesias dari Allah.
Orang Yahudi selalu memandang bahwa mereka adl umat pilihan Allah. Umat yang besar diantara bangsa2. Tetapi dlm sejarahnya mereka pernah dijajah oleh orang Babel, Persia, Yunani, Rum. Orang Yahudi menantikan Mesias yang dapat membebaskan mereka dari penjajahan.

Mengenai Yesus yang dikatakan Mesias hidupnya berakhir dikayu salib.  Menurut hukum yahudi, orang yang dihukum Di Kayu salib adalah orang yang terkutuk oleh Allah.  Pendapat bahwa orang yang telah mati dikayu salib disebut Anak Allah merupakan hujatan terbesar dlam pandangan Paulus. Menurut Paulus seluruh ajaran Kristen adalah penghinaan kpd Allah.

Ketika Paulus melakukan penganiayaan terhadap pengikut Yesus, Paulus berkeyakinan sungguh2 bahwa ia melayani Allah. Bahwa ia benar dgn hukum taurat yang telah dipelajarinya.


Kisah 9

Kisah Para Rasul 9:15 (TB)  Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.

Paulus adlah Murid Tuhan Yesus yang telah disiapkan oleh Allah untuk memberitakan Injil kpd bangsa2 lain serta Raja2.  Semua yang dimiliki Paulus spt pendidikannya, intelektualnya, warganegarnya semua pelengkap bagi Paulus untuk memberitakan Injil.  Pengetahuaun luas dan yg dia miliki membuat dia bisa berargument dengan orang farisi, kaisar,orang Roma.
 
Dari sini aku belajar bahwa aku diciptakan dgn memiliki tujuan pekerjaan Allah . Aku ditempatkan dikeluargaku sekarang, aku bekerja ditempatku sekarang, aku seorang perempuan, aku berada dikota ini, aku punya kekurangan, aku punya kelebihan. Semua itu sudah dirancang oleh Tuhan untuk suatu tugas yang disiapkan bagiku.  Aku ada bukan karena Kebetulan.  Semua yang terjadi padaku adalah seijin dan seturut kehendak Tuhan. Terimakasih Tuhan. Aku beharga dimata Mu.

Dari pasal ini juga aku diingatkan untuk Berlaku kasih kpd orang2 yang baru Bertobat.  Walaupun orang tsb pernah jahat kpd kita, tetapi setelah ia Bertobat aku harus bisa menerimanya dan tidak mengungkit kesalahan yang pernah dia lakukan.  Belajar untuk mengampuni total.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar